Pengertian Landing Page

Sebagian kita, telah mendengar istilah Landing Page, apalagi bagi kita yang sedang belajar berbisnis online tentang internet marketing.

Pemasaran lewat internet atau internet marketing sekarang ini memang sedang diminati oleh anak muda jaman sekarang yang ingin berpenghasilan lebih tetapi dalam waktu yang relatif singkat. Bisakah?

Karena dengan internet, seseorang bisa membangun bisnis secara online tersebut. Tidak harus bertemu secara langsung dalam waktu yang terbatas tetapi bertemu secara online dengan waktu yang tidak dibatasi oleh ruang. Bahkan, tidak terbatas pada skala lokal, tetapi sampai skala internasional.

Salah satu sarana dalam membangun bisnis online adalah dengan membuat Landing Pagenya untuk tujuan promosi. Tahukah Anda pengertian dari landing page?

Icon Landing Page

Kita harus tahu hakikat dari landing page agar tidak salah dalam memahami maksudnya dalam pembahasan mengenainya.

Karena ada yang memahaminya hanya secara khusus sebagai sebuah halaman web yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa. Oleh karena itu, kita akan sedikit membahas pengertian dari landing page berikut ini.

Pengertian Landing Page

Landing page merupakan sebuah istilah dari bahasa inggris yang berarti halaman landas, untuk menyebutkan halaman dari website yang pertama kali dilihat oleh pengunjung ketika mengklik link menuju halaman tersebut (mengarahkan pengunjung ke halaman web tersebut).

Seperti apapun bentuknya dari halaman website tersebut, berdasarkan asal katanya tersebut, jika halaman itulah yang pertama kali dijumpai oleh pengunjung yang kita arahkan ke sana maka itulah yang disebut landing page.

Karena landing page itu halaman pertama yang dilihat, maka sangat penting untuk merancang landing page tersebut agar bisa berkonversi tinggi sehingga pengunjung Anda mau melakukan aksi lanjutan di dalamnya sesuai tujuan dari landing page tersebut.

Misalnya saya ingin mengarahkan dari suatu halaman agar pengunjung mengklik tombol sebuah aksi "pesan sekarang" maka saya harus membuat landing page yang berfungsi mempengaruhi pengunjung mau membeli suatu produk yang ditawarkan.

Aksinya tidak harus tentang mengarahkan ke pesan whatsapp, bisa juga mengarahkan ke halaman lain. Misalnya, halaman pengisian keranjang belanja atau pengisian identitas seperti nama dan alamat email, dll.

Artinya tergantung dari tujuan dibuatnya sebuah landing page.

Jika kita merujuk pada pengertian yang lain, landing page dapat berarti halaman web mandiri yang dibuat khusus untuk keperluan promosi.

Memang secara umum diartikan seperti itu karena kebanyakan landing page diistilahkan untuk tujuan tersebut, artinya bukan halaman biasa yang tidak memerlukan aksi lanjutan dari pengunjungnya.

Secara khusus landing page bertujuan untuk promosi sebuah produk, yaitu bertujuan untuk menjual sebuah produk secara online.

Dalam wikipedia, landing page adalah halaman web tunggal yang muncul sebagai tanggapan terhadap mengklik pada hasil pencarian mesin pencari yang dioptimalkan, promosi pemasaran, email pemasaran, atau iklan online.

Ini sejalan dengan pengertian sebelumnya bahwa landing page itu halaman pertama yang dilihat pengunjung ketika mengklik sebuah link yang diberikan.

Dari pemaparan di atas, maka kita dapat menyimpulkan pengertian dari landing page berikut ini.

Pada dasarnya, Landing Page adalah sebuah halaman web, baik tunggal atau bercabang kemana-mana, yang pertama kali dilihat oleh pengunjung ketika mereka mengklik link yang diberikan dan secara khusus dimaknai sebagai suatu halaman web yang dibuat untuk promosi.

Bagaimana pun bentuknya, jika memenuhi dua syarat tersebut maka itulah yang dimaksud landing page.

Mungkin itu saja pembahasan tentang pengertian landing page. Bagi Anda yang ingin membuat Landing Page di Blogspot, silahkan baca pada Template Landing Page Blogspot. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Post a Comment for "Pengertian Landing Page"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel