Pengertian Blog Marketing dan Contohnya

Istilah Blog Marketing merupakan istilah yang tidak didefinisikan secara jelas, bisa merujuk pada monetisasi blog (mendapatkan pendapatan dari blog atau bisa juga sebagai sebuah cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan ataupun justru sebagai penghasilan utama) atau blog yang memasarkan suatu produk atau jasa. Namun, berdasarkan kata pembentuknya yaitu "blog" dan "marketing", maka Pengertian Blog Marketing sudah dapat dipahami tanpa harus diberikan pengertiannya secara definisi. Dalam bahasa Indonesia, Blog Marketing memiliki arti pemasaran blog atau pemasaran dengan blog, istilah untuk monetisasi blog (misalnya menjual konten) atau untuk mempromosikan suatu produk atau jasa melalui sebuah blog dimana hasil yang diperoleh bukan karena konten dari blog, tetapi dari produk atau jasa yang dipromosikan yang berhasil dijual. Artinya, blog tersebut dibuat untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. 

Adapun, jika penghasilan dari konten blog maka ini lebih tepat disebut dengan istilah monetisasi blog. Misalnya, pemasangan iklan di blog tersebut. Contohnya program yang dijalankan oleh Google Adsense yang mempersyaratkan konten harus memadai dan berkualitas. Tentang apa itu blog dan bagaimana cara membuatnya, silahkan baca pada postingan Cara Membuat Blog Blogspot dengan Mudah.

Perusahaan, toko online dan merek besar saat ini telah mengenali pengaruh hebat dari blog selama bertahun-tahun dan berusaha untuk memperoleh sistem blogging atau gagal melakukannya, membuat mereka harus memakai jasa blogger yaitu menulis postingan untuk mempromosikan mereka. Ini dikenal dengan istilah content placement yang tentunya hanya blog tertentu yang bisa memanfaatkan jasa ini.

Blog marketing memiliki banyak keuntungan untuk pemasaran online. Pertama, kesadaran merek bisa sangat diperkuat melalui posting yang jauh jangkauannya di blog dengan sumber trafik yang melimpah. Di sisi lain, Blog Marketing menyediakan platform untuk meluncurkan produk secara positif di pasaran sebagai bagian dari pengujian. Konten terbitan bisa di web dan tergantung topik, beredar di jejaring sosial dalam beberapa jam. Pada saat bersamaan, pemasar dapat dengan cepat bereaksi terhadap perubahan topik atau berita dan posting di blog yang sesuai.

Jika Blog Marketing dilakukan dengan bijak, bisa jadi sangat sukses. Namun, ada kasus batas di mana bentuk pemasaran ini tidak layak untuk namanya. Sekarang ada ribuan blog yang membahas masalah pengujian produk. Dalam banyak kasus, penerbit lebih prihatin tentang mendapatkan produk dengan harga murah atau gratis daripada mengujinya secara objektif dan menarik. Dalam kasus tersebut, pengiklan harus mempertimbangkan dengan hati-hati apakah sebuah publikasi mungkin layak dilakukan dan apakah itu akan berkontribusi pada reputasi perusahaan jika merek atau nama toko tersebut muncul di blog yang inferior. Selain itu, pemasaran blog berisiko dikenali sebagai iklan sembunyi-sembunyi. 

Agar tidak dikatakan "iklan sembunyi-sembunyi", maka buat "Blog Marketing" khusus untuk mempromosikan sebuah produk melalui konten. Contohnya adalah blog Distributor VB Centella, yaitu blog yang memasarkan sebuah produk dengan postingan-postingan blognya. Kembali kepada pengertian blog, bahwa blog umumnya berisi kumpulan postingan-postingan bukan dibuat untuk tujuan toko online atau landing page untuk menjual sebuah produk walaupun dengan blog dapat dibuat toko online dan landing page, silahkan baca Cara Buat Toko Online dengan Blogspot Gratis dan Cara Membuat Landing Page di Blogspot

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Blog Marketing dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel